Priska.M

Guru RA dari Sumbar "Mencoba menjadi yang terbaik"...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pengaruh Iqro' 1

Pengaruh Iqro' 1

Pengaruh Iqro' 1

#tantangan hari ke 20#

Mengajar Iqro' adalah satu metode dalam pengenalan huruf hijaiyah, biasanya banyak di gunakan oleh guru-guru Raudhatul Athfal dan Taman Kanak-Kanak, karena metode ini sangat mudah dipahami oleh peserta didik dan juga pendidik yang mengajarkan.

Pembelajaran Iqro' bisa dimulai dari lingkungan rumah dan diusia kapanpun, lebih dini lebih baik.

Tapi kebanyakan orang tua yang memulai mengenalkan Iqro' waktu anaknya masuk RA/TK, dan kadang orang tua menyerahkan sepenuhnya kepada guru RA/TK tanpa ada mengulang lagi di rumah.

Dalam pembelajaran Iqro' ini, seorang pendidik harus mempunyai strategi yang membuat anak didik menarik untuk mempelajari Iqro' tingkatan demi tingkatan.

Tapi pendidik jangan memaksakan anak didik untuk bisa tamat sampai Iqro' 6 diakhir tahun pembelajaran, karena kemampuan anak berbeda.

Pembelajaran Iqra' akan lancar ting katan demi tingkatan, apa bila pendidik mampu melakukan penekanan atau pematangan pada Iqro' 1.

Bila pendidik meneruskan Iqra', tanpa ada kematangan pada Iqro' 1, maka di tingkatan Iqro' berikutnya akan tersendat, maka anak didik akan berjalan ditempat saja dan pendidik akan kewalahan untuk menurunkannya lagi.

Karena dengan menurunkan lagi Iqro' yang dibaca anak didik akan berpengaruh besar terhadap psikologinya, bukan anak didik saja tapi orang tua juga, karena mereka akan menyalahkan guru sebab yang menaikan anak cepat ke Iqro' berikutnya adalah gurunya.

Apa lagi bagi orang tua yang tidak perduli dengan perkembangan Iqro' anaknya.

Biarlah anak didik tetap berada pada Iqro' 1 beberapa bulan, sampai anak didik memang sudah siap untuk lanjut ke Iqro' berikutnya.

Jadi disini pendidik harus bersabar dalam mengajarkan Iqro' ini apa lagi Iqro' 1 karena apa yang akan kita ajarkan akan di mintak pertanggung jawabannya dihadapan Allah.

Semoga kita bisa mempertanggungjawabkan semuanya.

Semoga guru-guru RA/TK sehat selalu dan murah reski, yang nasih honorer cepat PNS, yang PNS cepat sertifikasinya, yang sudah kedua-duanya cepat naik haji, Aamiin

Tantangan gurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

search